Cara Memperoleh Maaf dari Orang Tua

Cara Memperoleh Maaf dari Orang Tua

Cara Memperoleh Maaf dari Orang Tua.Terkadang, Anda akan menyakiti orang lain tanpa sengaja. Perbuatan buruk ini akan menyebabkan munculnya rasa bersalah dan malu, terutama jika Anda telah menyakiti orang yang Anda sayangi, misalnya orang tua. Rasa bersalah dan malu yang Anda rasakan serta kemarahan dan kekecewaan orang tua dapat benar-benar memperburuk hubungan kalian. Memperoleh maaf dari orang tua akan memperbaiki hubungan kalian dan mengurangi perasaan negatif yang dirasakan yang telah kita rangkum dalam bradford

yang disupport oleh Daftar IDN Poker

 

Berkomunikasi Secara Efektif

Gambar berjudul Help Your Parents to Forgive You Step 1

Perbanyak mendengar daripada bicara.

Orang tua akan bisa memaafkan dengan mudah jika merasa didengarkan dan dpahami oleh Anda. Diam dan mendengar saja dapat menghentikan pertengkaran serta mengurangi ketegangan emosi di antara kalian.[2]

  • Bengong ketika orang tua berbicara kepada Anda akan membuat mereka kecewa. Anda harus mengangguk dan menunjukkan ekspresi yang benar, sehingga orang tua Anda tahu telah ddengarkan dan tidak diacuhkan.
  • Bertanyalah untuk memperjelas dan mengecek pemahaman Anda. Dengan demikian, Anda menunjukkan bahwa perkataan orang tua masuk ke dalam otak. Sebagai contoh, katakanlah “Bapak dan Ibu marah karena keluar malam tanpa meminta izin dulu, begitu kan?”

Komunikasikan keseluruhan pesan.

 Ketika saatnya untuk berbicara, gunakan rumus badan pesan untuk mencegah kesalahpahaman. Mulailah pernyataan Anda dengan observasi fakta-fakta, biasanya berupa deskripsi perilaku. Kemudian, jelaskan apa yang Anda tafsirkan dari dan perasaan Anda terhadap perilaku tersebut. Setelah itu, sebaiknya selesaikan dengan apa yang Anda inginkan untuk membantu dskusi tetap berfokus pada penyelesaian masalah. [3]

  • Sebagai contoh, katakan “Aku bolos sekolah untuk pergi bersama teman-teman. Aku tahu itu salah, tetapi aku takut dejek dan dpermalukan kalau tidak ikut. Tolong ajari aku caranya menolak dan mengendalikan situasi ini jika nanti terjadi lagi.”

Perhatikan nada bicara Anda.

Perasaan Anda terhadap orang tua dapat memengaruhi komunikasi Anda. Kalimat yang sama dapat memiliki makna berbeda jika diucapkan dengan nada yang berbeda pula. Rasa frustrasi akan memicu nada sarkastik dan bentakan tanpa Anda sadari.[4] Usahakan untuk tetap objektif dan berfokus untuk menyampaikan pesan alih-alih emosi Anda.

  • Jika orang tua Anda mengomentari nada bicara Anda, minta maaf dan jelaskan perasaan frustrasi Anda untuk memperjelas komunikasi kalian.

Ingat, orang tua akan selalu mencintai anaknya. Namun, mereka juga masih memiliki perasaan.

Comments are closed.