Cara Menindaklanjuti Wawancara Kerja

Cara Menindaklanjuti Wawancara Kerja

Cara Menindaklanjuti Wawancara Kerja.Tindak lanjut setelah wawancara kerja adalah aspek paling penting, namun yang sering diabaikan dari proses pencarian kerja. Walaupun Anda merasa wawancara tersebut tidak berjalan dengan gemilang, namun mengirimkan surat terima kasih tepat waktu dan surel (email) tindak lanjut yang ditulis dengan baik dapat memberikan kesan positif pada calon pemberi kerja dan sangat mungkin meningkatkan kesempatan Anda untuk mendapatkan pekerjaan itu. Mulailah dengan Langkah 1 di bawah ini untuk mempelajari cara yang paling efektif untuk menindaklanjuti wawancara kerja. yang telah kita rangkum dalam Bradford-online

yang disupport oleh Daftar IDN Poker

Pada Akhir Wawancara

Tanyakan jadwal keputusan dengan cara yang sopan.

Dalam kebanyakan kasus, pada akhir wawancara Anda akan dberi tahu berapa lama proses pengambilan keputusan akan berlangsung dan kapan Anda dapat mengharapkan jawaban. Akan tetapi, jika pewawancara tidak memberikan informasi ini, jangan ragu bertanya.

  • Selain menanyakan tentang berapa lama proses pengambilan keputusan tersebut, Anda harus mencari tahu siapa orang dalam perusahaan itu yang akan menghubungi kanddat dan metode komunikasi apa yang cenderung mereka gunakan (telepon, surel, dan sebagainya).
  • Informasi ini penting untuk ditanyakan, karena ini memberi Anda gagasan kapan waktu yang tepat untuk melakukan tindak lanjut, dan juga harus menindaklanjuti dengan siapa.

Mintalah kartu nama pewawancara.

Sebelum meninggalkan wawancara, pastikan Anda meminta kartu nama pewawancara.

  • Ini akan memberi tahu penulisan nama mereka yang tepat, posisi persis mereka dalam perusahaan, nomor telepon dan juga alamat surel mereka. Informasi ini penting sekali bila Anda ingin mengirim surel atau surat terima kasih.
  • Menanyakan detail ini mungkin terasa sedkit canggung, tetapi sebenarnya akan meninggalkan kesan positif pada pewawancara dan membuat mereka tahu bahwa Anda sangat tertarik pada pekerjaan itu.

Kirimkan surel terima kasih.

Anda harus mengirim surel terima kasih pada pewawancara sesegera mungkin setelah wawancara. Surel yang Anda tulis tidak perlu panjang atau mendetail . Anda hanya perlu berterima kasih pada pewawancara atas waktu mereka dan mengingatkan mereka bahwa Anda sangat berminat dpertimbangkan untuk posisi itu.

  • Surel terima kasih harus dkirimkan segera setelah Anda sampai di rumah dari wawancara. Anda bahkan dapat mulai membuat draf di ponsel pintar saat keluar dari gedung. Bagaimanapun, surel terima kasih harus dkirim dalam 48 jam setelah wawancara, tidak lebih lambat dari itu.
  • Pengaturan waktu surel ini sangat penting, karena memberi indkasi mengenai tingkat ketertarikan Anda pada pekerjaan tersebut dan memastikan bahwa pewawancara tidak melupakan Anda sebagai kanddat. Selain itu, berterima kasih pada pewawancara atas waktu mereka adalah sopan santun yang lazim.

Buatlah catatan wawancara.

 Sesegera mungkin setelah wawancara, Anda harus menulis catatan mendetail mengenai topik yang dbahas selama wawancara. Langkah ini berguna karena beberapa alasan:

  • Memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi keterampilan, pengalaman Dan kepribadan yang dtekankan pewawancara sebagai hal penting untuk posisi tersebut. Ini akan sangat bermanfaat dalam membantu . Anda mempersiapkan wawancara putaran kedua (apabila Anda dpanggil) karena . Anda akan dapat menyusun jawaban yang sesuai dengan preferensi pewawancara.
  • Memungkinkan Anda untuk mengingat jenis pertanyaan yang dajukan dan untuk mengidentifikasi pertanyaan yang telah Anda jawab dengan baik dan bagian apa yang harus Anda perbaiki. Bahkan seandainya Anda tidak mendapatkan pekerjaan tersebut, jenis informasi ini akan berguna dalam mempersiapkan wawancara d masa mendatang.
  • Selain itu, membuat catatan detail wawancara akan membantu . Anda menyusun surat terima kasih dan surel tindak lanjut yang lebih bersifat pribadi Karena . Anda akan dapat menyentuh poin spesifik yang dbahas dalam wawancara. Ini signifikan, karena dapat menjadkan upaya tindak lanjut Anda lebih menonjol dari yang lain.

 

Comments are closed.