Kesalahan Olahraga Jalan Kaki yang Sering Dilakukan

Kesalahan Olahraga Jalan Kaki yang Sering Dilakukan

Kesalahan Olahraga Jalan Kaki yang Sering Dilakukan

Kesalahan Olahraga Jalan Kaki yang Sering Dilakukan – Berjalan adalah salah satu alat penggerak utama di antara hewan berkaki. Berjalan biasanya lebih lambat daripada berlari dan ukuran lain. Berjalan didefinisikan oleh gaya berjalan ‘pendulum terbalik’ di mana tubuh melompati anggota badan yang kaku atau anggota badan dengan setiap langkah.

Jalan kaki adalah salah satu jenis olahraga ringan. Walau sederhana, tetapi aktivitas ini bermanfaat bagi kesehatan. Namun, perlu diketahui bahwa jalan kaki sebagai olahraga dan jalan kaki biasa harus dibedakan. Sebagai olahraga, jalan kaki tetap harus dilakukan dengan poker deposit pulsa xl benar agar manfaatnya terasa dengan optimal. Sayangnya, banyak orang yang masih banyak melakukan kesalahan.

Manfaat jalan kaki untuk kesehatan sudah terbukti lewat berbagai penelitian. Salah satunya, menurut sebuah metaanalisis dalam European Journal of Epidemiology tahun 2009, jalan kaki minimal 30 menit selama lima kali dalam seminggu dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner sebanyak 19 persen. Risiko makin berkurang bila durasi dan jarak berjalan ditambah.

Olahraga jalan kaki yang dilakukan dengan benar bisa membuat tubuhmu sehat, bugar, serta postur tubuh normal sebagaimana mestinya. Sebaliknya, jika cara melakukannya salah, maka manfaatnya jadi kurang dirasakan. Ditambah lagi, ada risiko cedera, lho!

Nah, ingin tahu apa saja kesalahan-kesalahan yang harus dihindari ketika olahraga jalan kaki? Yuk, simak daftarnya berikut ini yang dirangkum dari beberapa sumber.

1. Berjalan terlalu lambat

9 Kesalahan Olahraga Jalan Kaki yang Sering Dilakukan, Yuk Perbaiki!

Ketika kamu menjadikan berjalan kaki sebagai olahraga, hindari jalan santai atau lambat. Berjalanlah dengan sedikit cepat. Sesuaikan kecepatan berjalan dengan usia, kondisi detak jantung, dan tingkat kebugaran.

Melansir Verywell Fit, kecepatan jalan kaki yang disarankan adalah 4,8 km/jam hingga 8 km/jam. Pada kecepatan tersebut, kamu akan bernapas lebih banyak, yang mana ini normal pada olahraga dengan intensitas sedang. Kecepatan tersebut juga cocok diterapkan jika tujuanmu berjalan kaki adalah untuk menurunkan berat badan.

2. Berjalan dengan postur tubuh yang salah

9 Kesalahan Olahraga Jalan Kaki yang Sering Dilakukan, Yuk Perbaiki!

Postur tubuh juga harus diperhatikan saat berjalan kaki. Postur tubuh yang baik akan membuat napasmu bernapas dengan baik pula. Tulang-tulang tubuh pun akan tegak sebagaimana mestinya, sehingga terhindar dari masalah pada punggung, leher, dan bahu.

Postur tubuh yang benar saat jalan kaki adalah kepala tetap tegak dan tidak menunduk. Leher mesti relaks dan sejajarkan dengan tulang belakang. Bahu pun jangan sampai tegang. Jangan lupa untuk selalu memandang ke depan pada arah lintasan berjalan.

3. Terlalu banyak atau terlalu sedikit mengayunkan tangan

9 Kesalahan Olahraga Jalan Kaki yang Sering Dilakukan, Yuk Perbaiki!

Cara berjalan yang benar adalah disertai dengan ayunan tangan yang berguna untuk mengimbangi gerakan kaki. Jika kamu tidak mengayunkan tanganmu, pergerakan kakimu akan melambat. Padahal, ketika seseorang menjadikan berjalan sebagai olahraga, ia harus berjalan dengan kecepatan yang lebih cepat dari jalan biasa.

Gerakan tangan yang benar saat berjalan kaki adalah dengan menekukkan lengan atas dan bawah sampai 90 derajat. Ayunkan secara alami dengan arah maju mundur yang berlawanan dengan gerakan kaki. Namun, perlu kamu perhatikan bahwa semakin cepat kamu berjalan, maka kamu harus lebih sering dan cepat menggerakkan tanganmu.

4. Memaksakan terus berjalan padahal kaki sakit

9 Kesalahan Olahraga Jalan Kaki yang Sering Dilakukan, Yuk Perbaiki!

Jangan paksakan untuk terus berjalan ketika ada anggota tubuhmu terasa sakit, pegal, dan nyeri. Istirahatkan dirimu sampai kembali pulih. Sebab, kerentanan akan patah tulang meningkat ketika kamu berjalan pada kondisi tersebut.

Bila kamu tidak terbiasa jalan cepat, jangan memaksakan diri. Berjalanlah dengan kecepatan yang biasa kamu lakukan, tetapi usahakan jangan terlalu lambat. Hal ini juga bisa mencegah cedera. Bila sudah terbiasa, pelan-pelan tingkatkan kecepatannya.

5. Memakai sepatu yang salah

9 Kesalahan Olahraga Jalan Kaki yang Sering Dilakukan, Yuk Perbaiki!

Pakailah sepatu yang nyaman dan ringan ketika berjalan, seperti sepatu khusus untuk berlari (running shoes). Ini penting supaya kakimu tidak cedera, lecet, dan nyeri. Jangan lupa untuk mengikat talinya dengan kuat supaya tali sepatu tidak lepas dan menyebabkan tersandung.

Ketika memilih sepatu berjalan, usahakan sepatu tersebut mempunyai bantalan dan penyangga yang pas pada kaki. Sol sepatunya pun harus fleksibel supaya memudahkan pergerakan telapak kaki. Jangan lupa juga untuk memakai ukuran yang pas, tidak kebesaran dan tidak terlampau sempit.

6. Tidak melakukan pemanasan terlebih dahulu

9 Kesalahan Olahraga Jalan Kaki yang Sering Dilakukan, Yuk Perbaiki!

Sudah menjadi hal lumrah bahwa sebelum melakukan olahraga, kamu harus melakukan pemanasan. Pemanasan sangat penting supaya anggota tubuhmu tidak kaku saat berolahraga dan terhindar dari cedera. Luangkan waktu selama beberapa menit sebelum berjalan untuk meregangkan dan menggerakkan otot dan sendi.

Kemudian, mulailah berjalan secara perlahan, lalu tingkatkan kecepatan berjalan secara bertahap. Bila olahraga jalan kakimu sudah hampir selesai, turunkan kecepatan secara perlahan. Jangan lupa juga untuk melakukan peregangan saat selesai sebagai pendinginan.

7. Memakai pakaian yang tidak menyerap keringat

9 Kesalahan Olahraga Jalan Kaki yang Sering Dilakukan, Yuk Perbaiki!

Gunakanlah pakaian yang nyaman dan menyerap keringat. Sebab, keringat yang akan dilakukan saat jalan kaki tidak sedikit. Banyaknya keringat yang tertahan di balik pakaian akan membuatmu tak nyaman.

Sebagai contoh, pakaian yang menyerap keringat terbuat dari kain yang punya sertifikasi CoolMax atau polipropilen. Lapisan tersebut dapat membuat keringat yang keluar dari tubuhmu menguap dan pakaianmu tersebut semakin lama akan kering.

8. Tidak menghidrasi diri dengan baik

9 Kesalahan Olahraga Jalan Kaki yang Sering Dilakukan, Yuk Perbaiki!

Ketika kamu berjalan kaki, apalagi di cuaca yang panas, waspadalah dengan ancaman dehidrasi. Dehidrasi atau kehilangan cairan tubuh dapat menyebabkan kamu kehausan, dan parahnya bisa menimbulkan masalah kesehatan bila tidak ditangani dengan benar. Jadi, baiknya bawa botol minum saat berjalan kaki selama 30 menit.

Botol minum bisa dibawa di ransel kecil atau sabuk khusus untuk menampung botol air minum. Bila haus, lekas minum. Minumlah dalam jumlah kecil tetapi secara berkala agar kamu tetap terhidrasi.

9. Mendengarkan musik dengan volume terlalu keras

9 Kesalahan Olahraga Jalan Kaki yang Sering Dilakukan, Yuk Perbaiki!

Berjalan sambil mendengarkan sesuatu dengan headset, seperti musik, podcast, dan audiobook memang sangat menyenangkan. Mendengarkan sesuatu dapat meningkatkan performa, mood, dan motivasimu ketika berjalan. Akan tetapi, kamu harus tetap waspada dengan keadaan di sekitarmu.

Oleh karena itu, perhatikan volume suara headset agar tetap bisa waspada dengan kondisi sekitar. Sebaiknya kamu cuma memasang earphone di satu telinga. Nggak lucu, kan, kalau kamu sampai diserempet kendaraan bermotor, tersandung, atau dikejar anjing karena tidak awas dengan kondisi sekitar?

Itulah beberapa kesalahan yang banyak dilakukan saat olahraga jalan kaki. Baiknya hentikan, ya, untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

Comments are closed.